BERSATU KITA KUAT

Berikan Kuliah Umum di President University, Ini Kata Wamenaker RI

Komentar 0
foto: Wamenaker RI mengisi kuliah umum di President University
foto: Wamenaker RI mengisi kuliah umum di President University

BEKASI, Satunurani.com Selasa, (03/10/2023). Kementerian Ketenagakerjaan mengajak para mahasiswa agar terus belajar dan berkembang dalam kompetensi diri menghadapi dunia pasar kerja yang sangat kompetitif.  Dengan terus belajar dan berkembang akan dapat meningkatkan peluang untuk sukses di masa depan.

“Kalah-menang, berhasil-gagal, adalah hal biasa. Namun terpenting, jangan menyerah dan jangan terlalu fokus pada kegagalan. Gagal adalah bagian dari proses belajar dan kesuksesan akhirnya akan datang jika anda terus mencoba dan belajar dari kesalahan, ” ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor kepada para ratusan mahasiswa Universitas Presiden di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (3/10/2023).

Menurut Afriansyah Noor, lulus dari perguruan tinggi bukanlah akhir dari proses pembelajaran bagi mahasiwa. Ia meminta setelah lulus, para mahasiswa untuk berpikir positif dan terus mencari peluang baru.

“Temukan motivasi dalam diri anda sendiri dan terus termotivasi dalam tujuan hidup anda,” katanya.

Kepada para mahasiswa, Afriansyah Noor juga menyarankan agar membangun jaringan, yakni menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar mahasiswa, seperti teman, keluarga dan rekan kerja. Ia juga mendorong mahasiswa dan alumni untuk terlibat dalam pengembangan diri di luar lingkungan akademik.

foto: Wamenaker RI mengisi kuliah umum di President University

“Bekerja sama dan bertukar informasi dapat membantu kalian mencapai kesuksesan di masa depan,” ujarnya.

Sedangkan kepada perguruan tinggi, Kemnaker RI menyarankan agar program pendidikan di kampus telah mencakup mata kuliah dan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dan tututan dunia kerja. Perguruan tinggi juga disarankan untuk terus menghadirkan dosen berpengalaman dan praktisi industri sebagai pengajar tamu untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa.

Selain itu, Afriansyah Noor juga meminta perguruan tinggi juga harus bekerja sama dengan perusahaan organisasi di sekitar perguruan tinggi untuk menyediakan kesempatan magang dan pekerjaan bagi mahasiswa dan alumni. 

“Berikan pelatihan keterampilan tambahan seperti soft skill komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi tim kepada mahasiswa dan alumni,” katanya. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02