BERSATU KITA KUAT

Morowali Akan Segera Bangun Ponpes Modern Al-Khairat

Komentar 0
WhatsApp Image 2021-09-28 at 20.19.54

foto : by Satunurani.com

MOROWALI, Satunurani.com – Selasa (29/9/2021). Pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) modern Al-Khairat akan segera dibangun di wilayah Kabupaten Morowali tepat nya di wilayah Kecamatan Bohodopi.

Rencana pembangunan Ponpes Al Khairat itu direncanakan akan menelan biaya sebesar 105 Milyar. Adapun modal awal pembangunan itu sudah tersedia 7,5 Milyar yang didapat dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT IMIP. Hal itu terungkap dalam acara pemaparan desain tekhnis perencanaan (Masterplan),pada hari Selasa tanggal 28 September 2021 Pukul 10.30 WITA bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Morowali Desa Matansala Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali oleh tim konsultan perencana.

foto : by Satunurani.com

Hadir dalam acara tersebut Pengurus Besar ( PB) Al-khairat Palu Habib Alwi Bin Mukhsin Al-Jufri,Bupati Morowali Drs. Taslim, Dandim 1311 Morowali Letkol Inf. Raden Yoga Raharja, S.E, M.M, M.Ipol. Kapolsek Bahodopi Ipda Agus Salim, S.H, M.A.P, Kakan Kemenag Kabupaten Morowali Hasan Hasni.

Selain itu ketua Komda Alkhairat Kabupaten Morowali Hj.Marwiah. Serta dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Morowali Lk. Sukardin Hadadi. Kadis Pendidikan Amir Aminuddin, M.Pd. Camat Bahodopi Tahir, S.E, M.Adm, SDA Tim CSR PT.IMIP (Lk. Raden Tomi dan Lk.Tewel). Leader Konsultan Perencana Lk.Salhudin, ST, M.Pw, bersama tim Kepala Desa Se-Kecamatan Bahodopi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Bahomakmur Lk. Yusak Haryanto. Dan perwakilan tokoh masyarakat, agama dan perempuan.

Ketua Panitia pembangunan Ponpes Al-Khairat Lk. Tahir, S.E, M,menjelaskan berapa langkah yang sudah dilakukan secara administrasi terkait legalitas. Ponpes akan berdiri megah diatas lahan milik desa yang posisinya dikelilingi lahan II Transmigrasi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Morowali Drs Taslim menyerahkan surat kepemilikan tanah secara simbolis kepada perwakilan Pengurus Besar (PB)Alkhairat Palu.

Dalam sambutannya Bupati Taslim, mengaku terharu melihat lara Kepala Desa se-Kecamatan Bahodopi yang secara Ikhlas bersama-sama ingin membangun Pondok Pesantren Al-Khairat di Kecamatan Bahodopi.

“Upaya Pembangunan Pesantren Al-Khairat kita jadikan ladang untuk investasi amal. Melalui Serikat Pekerja kita akan mengoptimalkan semua potensi yang ada di kawasan PT.IMIP nantinya” terangnya.

Masih lanjut Bupati, setelah selesai pembangunan Ponpes di wilayah Kecamatan Bahodopi akan dilanjutkan wilayah lain yaitu Bungku Timur dan Witaponda.

Ditempat yang sama pengurus besar Al Khoirot menambahkan.

“Dengan hadirnya pesantren nantinya maka kita akan menciptakan guru yang bisa kita sebar ke desa-desa atau madrasah untuk mengajar pendidikan agama” paparnya.

Ponpes itu akan terdiri dari asrama putra dan putri. Dengan kapasitas 500 orang. Ruang kelas Tsanawiyah putra dan putri, masing-masing 270 orang, ruang kelas Aliyah putra dan putri masing-masing 270 Orang, dan ruang auditorium 594 orang dan Masjid dengan kapasitas 700 orang. (Oding/sm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT