BERSATU KITA KUAT

Kerja Sama BPVP Padang dan ITP, Wamenaker RI Harap Dapat Ciptakan Lulusan Kompeten

Komentar 0
foto: Foto bersama dalam kegiatan penandatanganan PKB
foto: Foto bersama dalam kegiatan penandatanganan PKB

PADANG, Satunurani.com Sabtu, (09/09/2023). Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang dan Institut Teknologi Padang.

Penandatanganan yang dilakukan pada Jum’at, (8/9/2023) di Padang, Sumatera Barat ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pelatihan vokasi dan sertifikasi kompetensi kerja.

Wamenaker RI menyambut baik atas kerja sama yang dilakukan kedua pihak. Ia berharap kerja sama tersebut dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen oleh kedua belah pihak, sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.

“Kerja sama yang akan dilaksanakan dalam hal pelatihan dan sertifikasi kompetensi dapat meningkatkan kesiapbekerjaan bagi lulusan ITP. Dengan dibekali sertifikat kompetensi dari BNSP, para lulusan nantinya dapat lebih cepat memperoleh pekerjaan karena memiliki kompetensi yang diakui secara nasional,” ucap Wamenaker RI.

Ia mengatakan, secara nasional, belum sebagian besar perguruan tinggi yang ada melakukan sertifikasi kompetensi terhadap lulusannya. Sertifikasi kompetensi masih berada di level prodi/departemen yang tertentu saja.

Oleh karena itu, langkah ITP yang berkomitmen di level institusi ini dapat menjadi praktik yang baik dan patut diikuti oleh kampus-kampus lainnya.

“Langkah ITP yang bekerja sama dengan BPVP Padang ini sudah tepat. Semoga kampus-kampus lain mengikuti langkah ITP,” ucapnya. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT