BERSATU KITA KUAT

Hadiri Asia-GCC di Filipina, Wamenaker RI Paparkan Cara Indonesia Perlakukan PMI sebagai Subjek Bukan Objek

Komentar 0
foto: Wamenaker RI hadiri Asia-GCC
foto: Wamenaker RI hadiri Asia-GCC

FILIPINA, Satunurani.com Senin, (05/06/2023). Wamenaker RI Afriansyah Noor menghadiri acara Asia-Gulf Cooperation Council (GCC) Senior Official Dialogue on Global Compact for Migration Implementation, pada 30-31 Mei 2023 di Filipina.

“Dalam forum ini saya menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki peraturan baru tentang
Pekerja Migran Indonesia (PMI) yaitu UU No 18 Tahun 2017 tentang perlindungan PMI. Di bawah Undang-undang baru ini PMI diperlakukan sebagai subjek bukan objek. Undang-undang ini juga melarang pembebanan biaya perekrutan bagi PMI,” ujar Wamenaker RI Afriansyah Noor.

Dengan demikian, Pemerintah mengundang pemangku kepentingan terkait dalam membahas dan menentukan komponen struktur biaya untuk proses penempatan dan jumlahnya untuk memastikan bahwa biaya untuk bekerja di luar negeri akuntabel, tepat, dan akurat.

Wamenaker RI pun menyarankan Negara asal dan tujuan agar duduk bersama untuk berdiskusi dengan cara yang tepat tentang struktur biaya dan hambatan dalam proses penempatan dan rekrutmen, termasuk menentukan komponen mana yang harus ditanggung oleh siapa.

”Selain itu, membahas bagaimana memberantas perantara dan hambatan yang menyebabkan biaya perekrutan lebih tinggi dan proses penempatan/sistem rekrutmen yang memastikan tidak ada perantara atau pihak yang tidak berwenang yang terlibat dalam proses penempatan pekerja migran,” kata Afriansyah Noor. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT