BERSATU KITA KUAT

Antusias Meriahkan HUT RI, Warga Desa Kandang Kompak Gaungkan Wisata Sejuta Cahaya

Komentar 0
foto: Wisata Sejuta Cahaya meriahkan HUT RI
foto: Wisata Sejuta Cahaya meriahkan HUT RI

PEMALANG, Satunurani.com Jum’at, (04/08/2023). Warga Desa Kandang, Comal, Pemalang, gaungkan wisata sejuta cahaya untuk meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78, Kamis, (03/08/2023).

Jutaan bola lampu hias dipasang di sepanjang jalan-jalan Desa Kandang dengan membentuk setengah lingkaran bak lorong dengan keindahan sejuta cahaya. Dijelaskan oleh Damiri (53) pengurus RT.17 RW.03, aksi tersebut merupakan bentuk kekompakan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke-78. 

“Betul, dengan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi, yang tahu, bahwa acara 17 Agustus merupakan kegiatan milik mereka semua, bukan milik perorangan ataupun suatu kelompok,” ujar Damiri. 

Masyarakat optimis dengan adanya kemeriahan meyalakan sejuta lampu secara serentak (Wisata Sejuta Cahaya) ini bisa membuka peluang Desa Kandang untuk menjadi destinasi wisata khususnya wisata pada malam hari. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat dari luar Desa Kandang yang datang hanya sekedar ingin berswafoto. 

“Sangat berpotensi jadi destinasi wisata, karena banyak masyarakat luar Desa yang menyempatkan waktunya untuk ke Desa kandang yang dipenuhi ribuan lampu,” terang Damiri. 

Sementara, menurut Asrori (56) Ketua RT. 20/04, aksi memasang lampu hias secara serentak ini merupakan inisiatif dari masyarakat secara swadaya tanpa adanya anggaran sepeserpun  dari Pemerintah Desa. Bahkan sejumlah masyarakat rela merogoh kocek dalam demi kemeriahan sejuta cahaya itu.

“Sekitar 80% masyarakat, seperti pada RT saya RT.20 yang memasang hingga 38 titik, dan satu titiknya memakan anggaran 150 ribu dan itu semua dengan biaya swadaya masyarakat sendiri,” terang Asrori.

Asrori juga mengatakan, masyarakat menginginkan adanya support anggaran dari Pemerintah Desa dalam kemeriahan ini agar terwujud menjadi Desa wisata terutama pada malam hari.

“Kalau bisa Pemerintah Desa membantu menganggarkan 50% dana untuk kegiatan ini untuk meringankan masyarakat,” pungkasnya. 

Dengan  adanya support dari Pemerintah Desa, dalam berbentuk anggaran dalam kemeriahan Wisata Sejuta Cahaya diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan. (Drt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT