BERSATU KITA KUAT

Tingkatkan Layanan Profesionalitas Eye Center RSD Balung Dilengkapi Peralatan Terlengkap Dan Canggih

Komentar 0
foto: Humas dan PKRSD Balung Dr Doddy R Sakti Bersama Petugas Coustomer Center Afif F Mey
foto: Humas dan PKRSD Balung Dr Doddy R Sakti Bersama Petugas Coustomer Center Afif F Mey

JEMBER, Satunurani.com – Kamis (10/2/2022). Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember yang memiliki beberapa layanan unggulan diantaranya Eye Center, USG 4 Dimensi, CT-scan dan HD Hemodialisa bagi pasien gangguan ginjal. Khusus untuk layanan Eye Center (Poli mata), RSD Balung saat ini memiliki peralatan canggih dan terlengkap se-Kabupaten Jember.

Eye Center di Rumah Sakit Balung ini, peralatannya terlengkap se-Jember. Seperti alat thomograpy satu-satunya alat yang ada di Jember” tutur Humas dan PKRSD Dr Doddy R Sakti kepada media ini.

Atas layanan profesional yang disertai peralatan yang canggih dan lengkap tersebut, tak heran layanan poli mata RSD Balung menjadi referensi utama masyarakat dalam menyembuhkan penyakit mata. Bahkan mereka datang dari luar daerah Jember untuk melakukan pengobatan. Lebih lanjut Doddy menjelaskan, bahwa proses pengobatan mata menggunakan Optical Coherence Thomography (OCT) merupakan teknik pencitraan diagnosis dengan memanfaatkan fotonik (photonics) dan sarana optik untuk mendapatkan gambar dan karakteristik jaringan mata.

“Keunggulan spesifik OCT bila dibandingkan dengan tehnik optik alternatif adalah resolusi kedalaman independen dari aperture sampel balok. Dan dapat meningkatkan kedalaman pricing dalam media penghambur,” terang dia.

Banyaknya pasien yang dapat disembuhkan dengan pemanfaatan teknologi modern ini tentu saja memantik apresiasi dan tingginya angka kunjungan ke RSD Balung. Setidaknya 15 pasien dari berbagai kota setiap harinya terlayani oleh poli mata rumah sakit yang sedang berupaya meningkatkan status dari type C ke type B tersebut. Selain itu, alat canggih lainnya yaitu alat USG mata. Alat ini digunakan khusus bagi pasien yang memiliki kelainan pada organ di dalam bola matanya. Terutama kelainan yang tidak dapat dilihat dari celah pupil atau manik mata akibat kekeruhan media penglihatan yang disebabkan katarak. Teknik pelayanan berupa USG mata ini tidak menimbulkan rasa sakit pada pasien.

Alat penunjang lainnya yaitu berupa biometri yang berfungsi menentukan ukuran lensa tanam atau Intraocular Lens (IOL) yang dipasang saat operasi katarak. Tak hanya itu, sejumlah alat canggih lain tersedia di poli mata RSD Balung. Diantaranya, foto fundus untuk membantu dokter melihat hal-hal detail retina. Alat Argon Laser yang dapat digunakan untuk mengatasi kelainan pada retina dan mencegah lepasnya retina (ablasio retina).

Alat canggih lainnya berupa Laser YAG yang berfungsi untuk membuat lubang dibagian yang keruh . Keunggulannya, setelah melakukan laser YAG pasien dapat melanjutkan aktifitas keseharian dengan normal.

Menurut Dr Doddy R Sakti, program layanan unggulan lainnya di RSD Balung, yakni layanan USG 4 (empat) dimensi yang dapat melihat kondisi bayi dengan bentuk sempurna. Selain itu pelayanan CT-Scan dengan layanan 24 jam. Alat dapat mendiagnosa gangguan saraf yang dapat menimbulkan penyakit stroke. Serta Poly HD atau hemodialisa untuk melayani pasien yang mengalami gangguan ginjal.

Sementara itu direktur RSD Balung,Dr. Andre Kusuma,SP.BS menambahkan, dalam waktu dekat akan menambah layanan poli bedah saraf seiring dengan tuntutan masyarakat.

“Kami akan senantiasa meningkat pelayanan terhadap masyarakat sesuai kebutuhan,”pungkas dokter spesialis bedah saraf tersebut. (Lam/Ful)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Selamat Hari Raya Idul Fitri Kapolres (Merah)
Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02