BERSATU KITA KUAT

Bhabinkamtibmas Mengamati Tingkat Kerawanan Terjadinya Kecelakaan Roda Dua Oleh Para Pelajar Sekolah

Komentar 0
foto: Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunambo Subsektor Menui Kepulauan, Brigpol Muh. Ridwan Kasim Has
foto: Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunambo Subsektor Menui Kepulauan, Brigpol Muh. Ridwan Kasim Has

MOROWALI, Satunurani.com – Senin, (27/09/2021). Setiap pengendara dituntut untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, pengendara juga harus memakai pengaman. Seperti, helm bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil.

Tingginya angka kecelakaan di Indonesia disebabkan karena pengemudi tidak hati-hati saat berkendara. Mereka juga kerap kali tidak memakai pengaman dan melanggar lampu lalu lintas. Kurangnya pengetahuan para pengendara akan pentingnya peraturan tata tertib berlalu lintas juga kerap menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu sesuai arahan Kapolres Morowali, AKBP Ardi Rahananto,SE., SIK., M.Si., Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunambo Subsektor Menui Kepulauan, Brogpol Muh. Ridwan Kasim Has memberikan pesan kamtibmas pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas.

foto: Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunambo, memberikan pesan Kamtibmas tentang Tata Tertib Berlalu Lintas di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan

Kondisi Kecamatan Menui Kepulauan sekarang ini sedang dilaksanakan proyek pengaspalan jalan lingkar dimana proyek sementara berjalan kurag lebih 40%, hingga ke 11 desa-desa yang ada di wilayah daratan, bisa dibilang Kecamatan Menui Kepulauan ini belum diberlakukan tata tertib berlalu lintas.

Selaku Bhabinkamtibmas mengamati perkembangan sekarang hingga ke depan dari tingkat kerawanan terjadinya kecelakaan roda dua, banyak dilakukan terhadap anak di bawah umur khususnya kalangan pelajar SMA dan SMK yang ada di kelurahan Ulunambo Kecamatan Menui kepulauan. Dengan beberapa alasan dari orng tua siswa memberikan fasilitas kendaraan kepada anaknya ke sekolah, dikarenakan jarak rumah dengan sekolah yang terjauh ada yang sekitar 9 km, 7 km dan lainnya. Belum tersedianya tranportasi yang khusus bagi pengantar anak ke sekolah juga menjadi alasan mengapa para orang tua mengijinkan anaknya mengendarai kendaraan sendiri ke sekolah.

Hal ini menjadi kekhawatiran sering terjadinya kecelakaan yang disebabkan kurang pengetahuan anak di bawah umur tentang tata tertib berlalu lintas. Pada hari Senin 27 September 2021, Bhabinkamtibmas Polsek Menui Kepulauan berinisiatif menyambangi sekolah SMA Negeri 1 Menui Kepulauan yang berada di wilayah Kelurahan Ulunambo untuk memberikan pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas, serta sebab akibat saat menggunakan kendaraan dua dengan cara ngebut, bonceng tiga, apalagi tidak menggunakan helm, dan penggunaan knalpot bogar yang dapat menganggu masyarakat sekitar.
Serta memberikan solusi dan cara mengatasi agar terhindar dari kecelakaan, baik sebelum maupun pada saat menggunakan kendaraan.

Harapan Bhabinkamtibmas Brogpol Muh. Ridwan Kasim Has dari pengetahuan yang disampaikan kepada para pelajar, guna dapat mengurangi tingkat kecelakaan wilayah Kecamatan Menui Kepulauan, serta mengetahui aturan tata tertib berlalu lintas yang baik, sehingga tidak kaget lagi saat melanjutkan pendidikan universitas di luar Kecamatan Menui Kepulauan. (SN1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT