BERSATU KITA KUAT

Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kades Wonosari Bangun “Taman Wisata Desa Pancasila”

Komentar 0
foto: Tugu Pancasila di persimpangan jalan areal persawahan Desa Wonosari
foto: Tugu Pancasila di persimpangan jalan areal persawahan Desa Wonosari

JEMBER, Satunurani.com – Senin, (4/10/2021). Menjadi Kepala Desa tidak hanya melayani masyarakat tentang legislasi penerbitan surat menyurat. Akan tetapi harus mampu berinovasi memberdayakan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Sumber Daya Manusia (SDM) dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) tak dapat dipisahkan dalam mengoptimalkan fungsinya agar lebih bermanfaat.

foto: Kepadal Desa Wonosari, H. Hadi Purnomo, SH.

Seperti yang dilakukan oleh H. Hadi Purnomo, SH. Kepala Desa Wonosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur. Agar desanya terlihat lebih indah dan asri ia membangun Taman Wisata Desa Bertajuk, “Taman Wisata Desa Pancasila”. Gagasan pembangunan taman wisata desa itu diawali dengan membangun Tugu Pancasila yang telah berdiri kokoh di persimpangan jalan areal persawahan. Sudah barang tentu kemegahan Tugu Pancasila itu dapat dilihat oleh setiap orang yang melintas di kawasan itu. Siapapun yang melihatnya menggugah semangat heroik dan nasionalisme kebangsaan, sebagai mana para pendiri negeri ini menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara.

foto: Pembangunan Taman Wisata Desa Pancasila (Redaksi Satunurani.com)

Meski taman wisata itu belum rampung dibangun, namun dipastikan masyarakat khususnya kaum kaula muda akan lebih betah nongkrong di tempat itu karena akan dilengkapi dengan kolam pancing untuk umum. Direncanakan, setelah pembangunan taman wisata desa selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan kolam renang.

“Minimal nantinya warga kami bisa menikmati hari-hari libur dengan biaya murah,” timpalnya.

Tidak berlebihan jika gagasan pembangunan Taman Pancasila itu dapat dijadikan sarana edukasi wawasan kebangsaan berbasis ramah lingkungan. Banyak terobosan yang dilakukan demi kemakmuran warganya. Untuk meringankan beban warganya dalam membayar pajak, Hadi yang mengawali karirnya dari Korp Bhayangkara sebagai anggota Polri itu membudidayakan tanaman buah jambu citra.

Sejumlah bibit telah dibagikan kepada warga untuk ditanam di depan rumah maupun di belakang rumah. Hasil panen buah yang bernilai ekonomis itu oleh warga digunakan untuk membayar pajak bumi dan bangunan.

“Kami akan selalu berupaya meringankan beban warga, terutama disaat menghadapi pandemi covid-19 ini. Dari sisi pelayanan di kantor desa kami telah membenahi insfastruktur kantor desa. Agar masyarakat dapat terlayani dengan tenang dan nyaman ,” Tutur Hadi Purnomo. (sm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT