BERSATU KITA KUAT

Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman, Wamenaker RI Turun Langsung Edukasi Program Jaminan Sosial Bagi Pekerja Sektor Informal

Komentar 0
foto: Wamenaker RI turun langsung lakukan edukasi kepada para pedagang
foto: Wamenaker RI turun langsung lakukan edukasi kepada para pedagang

BUKITTINGGI, Satunurani.com Rabu, (18/10/2023). Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial, serta perluasan cakupan kepesertaan pekerja di sektor informal, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar kegiatan Edukasi Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi Pekerja Bukan Penerima Upah.

Kegiatan yang diadakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada Selasa, (17/10/2023) ini, dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor dan Walikota Bukittinggi Erman Safar.

Dalam sambutannya, Wamenaker RI mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi memberikan perlindungan bagi pekerja sektor informal dengan mengikutkan para pekerja sektor informal tersebut dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Selamat kepada Bapak/Ibu pekerja sektor informal yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Afriansyah Noor.

Wamenaker RI menjelaskan, berbagai kendala dan tantangan dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya di sektor informal karena masih banyak masyarakat yang masih salah memahami bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan hanya untuk pekerja formal atau pekerja di perusahaan.

Adapun kendala lainnya yaitu kesadaran dan kemauan untuk mendaftar pada program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja sektor informal masih sangat rendah, dikarenakan rendahnya pemahaman tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua, bagaimana memberikan pemahaman, kesadaran, dan kemauan pekerja untuk mendaftarkan diri sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan agar mendapatkan perlindungan di saat bekerja dan saat memasuki usia tua,” ucapnya. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02