BERSATU KITA KUAT

Penebangan Kayu Sonokeling di Taman Magenda Bondowoso Berbuntut Pelaporan

Komentar 0
WhatsApp Image 2021-10-21 at 20.56.48

foto : Kasi Humas Polres Bondowoso Ipda Bobby

BONDOWOSO, Satunurani.com – Jumat (22/10/2021) Proses penebangan kayu jenis sonokeling yang sebelumnya berdiri tegak di sekitar Taman Magenda dikawasan Kota Bondowoso membuat gerah Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bactiar Rahmat. Pemotongan kayu aset Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR ) itu juga memantik reaksi warga sekitar.Sejumlah warga disekitar Taman Magenda Selasa (19/10/2021) melaporkan kejadiannya ke Polres Bondowoso.

“Kita sudah laporan ke Polres Bondowoso. Surat laporannya ditandatangan oleh semua warga. Penanggungjawabnya, saya” ungkap Miftahul Huda warga sekitar Taman Magenda saat ditemui di rumahnya, (19/10/2021).

foto by Satunurani.com

Sementara itu, pihak Polres Bondowoso melalui Kasi Humas Bobby Dwi Siswanto,saat dikonfirmasi wartawan membenarkan atas laporan warga tentang permasalahan penebangan kayu Sonokeling di Taman Magenda tersebut.

“Benar ada laporan dari warga tentang penebangan pohon kayu disekitar Taman Magenda. Saat ini sedang tahap pengumpulan data” terangnya.

Lebih dalam Bobi menjelaskan, pihak Polres saat ini sedang mengumpulkan data-datanya. Sedang sidik-lidiknya, apabila semua sudah terkumpul akan diadakan pres rillis.

“Kita masih mengumpulkan data data, serta sedang melaksanakan sidik-lidik, apabila data data sudah terkumpul semua, maka akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. Nanti akan dilaksanakan press rillis kepada para media” pungkas dia.

Sekitar diketahui, jenis kayu sonokeling memiliki nilai jual yang cukup mahal. Namun sebaliknya pohon yang berfungsi sebagai peneduh itu tidak bisa ditukar dengan nilai rupian,apalagi memiliki multi fungsi untuk menambah keindahan kota. Sayangnya pohon yang seharusnya dipelihara itu musnah setelah ditebang pada hari Jumat (15/10/2021) .

Kesaksian Mitftah warga setempat, 3 pohon itu laku 120 juta, pembelinya (penebang) bernama Agung, sedangkan si penjualnya bernama Jauhari. Mereka berdua sama-sama warga biasa. Akibat penebangan ini, berdasar pantauan dilapangan, Taman Magenda itu pun menjadi gersang.\

Peristiwa itu sempat menyita perhatian Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat dengan mendatangi lokasi.

Irwan, bahkan sempat bersitegang dengan pelaku yang terlibat dalam pemotongan kayu tersebut, Jumat (15/10/2021). Mengutip pemberitaan dari beberapa media online, Wabup Irwan menyebutkan, bahwa pemotongan kayu ini adalah pengrusakan.

“Seharusnya taman ini dibenahi, bukan dirusak. Saya pribadi akan melaporkan kasus ini ke Polres” kata Irwan dengan nada kecewa.

Dapat dimaklumi,luapan kekecewaan Wabup Irwan yang juga politisi PDIP itu karena pohon kayu sonokiling itu sudah berusia puluhan tahun. Jadi untuk memulihkan kembali butuh waktu yang sangat lama. (SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Selamat Hari Raya Idul Fitri Kapolres (Merah)
Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02