BERSATU KITA KUAT

Komisi IX DPR RI Gelar Rapat Dengan Menaker RI, Ini Yang Dibahas

Komentar 0
IMG-20240520-WA0013

JAKARTA, Satunurani.com Senin, (20/05/2024). Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker RI), Afriansyah Noor, mendampingi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker RI) Ida Fauziyah, pada Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin, (20/05/2024).

Rapat Kerja kali ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker RI) dan Komisi IX membahas evaluasi dan monitoring terhadap peningkatan pengawasan terhadap kepatuhan perusahaan atas perlindungan jaminan sosial (jamsos) ketenagakerjaan bagi pekerja, termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan pekerja pemagangan di luar negeri.

Selain itu, Komisi IX juga meminta Ida untuk memaparkan evaluasi pelaksanaan program-program Kemnaker di daerah dan rencana perbaikan pada masa yang akan datang.

Ida menyebutkan bahwa dalam kurun lima tahun terakhir (2019-Maret 2024), jumlah angka partisipatif yang mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan mengalami peningkatan di atas 30 persen. Sementara itu, jumlah peserta aktif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) naik hingga 50%.

“Angka partisipatif aktif yang mendapat perlindungan jamsos ketenagakerjaan Alhamdulillah mengalami peningkatan, ada peningkatan 32,08 persen dalam lima tahun terakhir,” papar Ida Fauziyah.

“Jumlah peserta aktif BPJS ketenagakerjaan berstatus penerima upah posisi Maret 2024 sebesar 50,23 persen, terhadap jumlah penduduk bekerja dengan status buruh atau karyawan pegawai ini berdasarkan data SAKERNAS posisi Februari 2024,” sambungnya. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02