BERSATU KITA KUAT

Bhayangkari Jabar Ikut Hybrid Bazar UMKM Kreatif

Komentar 0
foto: Kegiatan Hybrid Bazar UMKM Kreatif
foto: Kegiatan Hybrid Bazar UMKM Kreatif

JAWA BARAT, Satunurani.com Jum’at, (07/07/2023). Sebanyak 218 UMKM Bhayangkari Cabang Jawa Barat mengikuti ‘Hybrid Bazar UMKM Kreatif’ yang digelar di Aula Moeryono, Mapolda, Rabu (5/7/2023). Kegiatan ini bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 dan HUT Bayangkara ke-77 tahun 2023. Kegiatan sehari ini dibuka secara resmi oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus didampingi Ketua Bhayangkari Pengurus Daerah Jawa Barat, Ny. Ges Akhmad Wiyagus.

Dalam sambutannya, Kapolda Jabar mengatakan, eksistensi UMKM di tanah air sudah teruji. Setidaknya, kata dia, UMKM mampu membantu menyerap tenaga kerja nasional. Ini membuktikan bahwa UMKM berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

‘’Bazar ini diharapkan mampu mendorong UMKM yang ada di lingkungan Bhayangkari Pengurus Daerah Jawa Barat, di antaranya membuka akses promosi dan bantuan modal usaha,’’ ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus.

Menurut Kapolda Jabar, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan agar eksistensi produk UMKM Bhayangkari  bertahan dan terus berkembang. Selain itu, kata dia, dengan pameran atau bazar ini produk-produk UMKM lebih dikenal masyarakat luas.

‘’Manfaatnya adalah mengenal vendor-vendor baru, membangun relasi sesama penggusaha sehingga membuka  peluang untuk memperluas wilayah bisnis, mengetahui kompetitor bisnis, dan yang terpenting mendapatkan calon pelanggan setia,’’ tuturnya.

Sementara Ketua Bhayangkari Pengurus Daerah Jawa Barat, Ny. Ges Akhmad Wiyagus mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung pengembangan MUKM. Ia berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan kesempatan bagi anggota Bhayangkari untuk menampilkan produk terbaiknya.

‘’Agar produk mereka eksis dan dikenal masyarakat luas. Kita juga memberikan edukasi pelaku UMKM agar menguasai teknologi informasi untuk mendukung penjualan produk mereka. Perkembangan teknologi digital marketing harus dimanfaatkan untuk mendukung usaha ini,’’ ujar Ny. Ges Akhmad Wiyagus.

Ges mengatakan, kegiatan ini diikuti 25 stand dari seluruh Polres di wilayah Polda Jawa Barat. Ia mengatakan, ada sebanyak 218 anggota UMKM yang mengikuti kegiatan ini. Produk yang ditampilkan dalam bazar ini mulai dari makanan dan minuman olahan, pakaian, hingga kerajinan.

‘’Produk yang dipamerkan sangat beragam. Ini merupakan hasil karya anggota Bhayangkari Jawa Barat. Masing-masing daerah memiliki potensi UMKM masing-masing,’’ ungkapnya.

Selain 25 stand, lanjut Ges, juga hadir satu stand charity (amal) yang menjual produk pakaian sumbangan dari istri pejabat utama (PJU) Polda Jawa Barat. Hasil penjualan produk ini, imbuh dia, akan didonasikan untuk kegiatan sosial (kemanusiaan).

‘’Hasil dari stand amal ini nantinya akan kita salurkan untuk kegiatan sosial. Semoga sumbangan ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu,’’ kata istri Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus ini. (Citra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT