BERSATU KITA KUAT

Selamatkan Remaja Dari Salah Pergaulan, Satbinmas Morowali Lakukan Edukasi Dan Pembinaan

Komentar 0
foto : Aipda Asmuliadi Saat Lakukan Edukasi dan Pembinaan Siswa/Siswi
foto : Aipda Asmuliadi Saat Lakukan Edukasi dan Pembinaan Siswa/Siswi

MOROWALI, Satunurani.com Jum’at, (22/10/2021). Kaur Mintu Satbinmas Polres Morowali, Aipda Asmuliadi melakukan pembinaan kepada remaja pria dan wanita (Binredawan) terhadap para siswa di SMAN 1 Menuai, Jum’at 22/19/2021 pagi.

Pembinaan bagi remaja pria dan wanita itu dimaksudkan untuk membangun mental dan moral generasi yang tangguh dan bermartabat, sopan santun dalam perilaku dan menjunjung tinggi norma-norma dalam kehidupan . Lazimnya kaum remaja memiliki banyak potensi keberbakatan yang perlu diasah agar bisa berkembang secara positif. Semua itu harus dimulai dari pembentukan kepribadian yang baik dan bermoral.

Untuk itu, pembinaan kali ini lebih mengedepankan pemahaman tentang bahaya narkoba dan obat keras berbahaya lainnya yang dapat menjadi pemicu terjadinya kenakalan remaja. Dengan melihat kenyataan kekinian, penyakit masyarakat berupa bentuk kejahatan tak jarang dilakukan oleh kaum remaja baik di kota maupun di desa.

Hal tersebut dipicu oleh pengaruh lingkungan dan salah pergaulan. Tidak kalah lebih berbahaya lagi jika terpengaruh minuman keras dan obat keras berbahaya.  Khususnya pengaruh narkoba yang dapat mengganggu sistem kerja syaraf, gangguan jantung dan gangguan fungsi organ tubuh lainnya.

Pengaruh itu akan dapat merusak masa depan kaum remaja dan hanya akan larut dalam dunia hayalan.
Untuk itu, Kaur Mintu Satbinmas hadir melakukan pembinaan kepada kaum remaja agar terhindar dari segala bentuk yang menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.

Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian risikonya adalah tertular penyakit seperti Hepatitis B, C, dan HIV. Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis dapat menyebabkan kematian.

Bahaya narkoba terhadap psikologi, kerja lamban dan ceroboh, sering tegang dan gelisah. Hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.

Bahaya narkoba terhadap lingkungan sosial begitu banyaknya bahaya dari narkoba yang tentunya akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Selain itu kenakalan remaja juga menjadi keresahan bagi para orang tua. Karena kenakalan remaja sendiri adalah perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat, dengan adanya perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan.

Oleh karenanya sangatlah penting bagi remaja untuk mendapatkan pembinaan dari pihak-pihak yang berwenang. Karena selain mendapatkan pengetahuan juga sebagai pedoman hidup agar generasi remaja tidak rusak oleh perkembangan zaman.

“Di sini Satbinmas hadir di tengah-tengah remaja memberikan bimbingan dan edukasi sebagai upaya menyelamatkan generasi muda khususnya remaja dari bahaya pergaulan” Pungkas Aiptu Asmuliadi (Oding/Sm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

GIF SatuNurani

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02