BERSATU KITA KUAT

Setelah Menjalani Perawatan Medis Kasat Resnarkoba Polres Morowali Meninggal Dunia

Komentar 0
foto: AKP Sihar Lumban Tobing
foto: AKP Sihar Lumban Tobing

MOROWALI, Satunurani.com – Minggu, (19/09/2021). Kabar duka menyelimuti Kesatuan Polisi Resor (Polres) Morowali. Salah satu personil terbaiknya yakni Kasat Resnarkoba Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sihar Lumban Tobing, dinyatakan meninggal dunia Sabtu 18 September 2021 pukul 16.02 WIB (17.00 Wita) di Rumah Sakit Mulia Agung Jakarta.

Personil dengan Nomor Register Prajurit (NRP) 73100523 itu, meninggal setelah gagal melakukan perawatan dan pemeriksaan kesehatan akibat penyakit yang dideritanya berupa kelenjar getah bening. Sebagaimana yang telah dirilis oleh Bag. Sumda Polres Morowali, menerangkan bahwa AKP Sihar Lumban Tobing telah melakukan serangkaian pemeriksan kesehatan yang cukup panjang.

Dengan kronologis pemeriksaan kesehatan yakni pada tanggal 7 Juni 2021 menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Palu dengan melakukan pemeriksaan Swab PCR, lab. darah, radiologi, dan otopedi. Dengan hasil diagnosa kanker kelenjar getah bening yang kemudin dirujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati. Kemudian pada tanggal 9 Juni 2021 pemeriksaan di dokter Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), paru-paru, (penyakit dalam). Lalu pada tanggal 10 dan 11 Juni 2021 melakukan tes ke laboratorium darah dan rikkes MRI (magnetic resonance imaging). Setelah keluar hasil kesehatan,pada tanggal 15 Juni 21 lanjut konsultasi ke dokter THT dan dokter Tulang hingga pada tanggal 17 Juni 21 dilanjutkan konsul ke dokter jantung dan dokter anastesi, swab PCR.

Kemudian pada tanggal 21 Juni 2021 ia opname, dan tanggal 22 Juni 2021 dilakukan tindakan medis berupa operasi pengambilan BIOPSI sembari dilakukan pengobatan. Selanjutnya kemoterapi ke 1 dilakukan pada tanggal 27 Juli dan dilanjutkan kemoterapi ke 2 pada tanggal 18 Agustus. Namun semua upaya itu tidak sesuai harapan dan kondisi kesehatan pasangan Ny. Lan Wangi L. Tobing itu terus menurun hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir.
Selanjutnya rencana penjemputan jenazah dari Jakarta akan menggunakan pesawat udara dengan jasa angkutan pesawat Citylink, Senin (20/9/2021). Dan untuk penjemputan saat ini telah disiapkan di bandara Mutiara Palu pukul 05.00 Wita.

Setelah disemayamkan di rumah duka di komplek perumahan dosen di belakang UNTAD Palu, mendiang akan dikebumikan Selasa (21/9/2021) di pekuburan Teratai Tondo Palu. Diakhir hidupnya mendiang meninggalkan seorang istri yakni Ny Lan Wangi L. Tobing dan 3 (tiga) anak yaitu Elsa, Sahat dan Rahel. Semoga pengabdian almarhum AKP Sihar Lumban Tobing semasa hidupnya mendapatkan balasan yang terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa. Selamat jalan dan semoga tenang dalam pangkuanNya. (H.Oding)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT