BERSATU KITA KUAT

Presiden RI Buka BNI Investor Daily Summit 2023

Komentar 0
foto: Wamenaker RI bersama Joko widodo
foto: Wamenaker RI bersama Joko widodo

JAKARTA, Satunurani.com Senin, (24/10/2023). Wamenaker RI Afriansyah Noor menghadiri acara Opening Ceremony Investor Daily Summit 2023, di Hutan Kota by Plataran, Senayan, pada hari Selasa, (24/10/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Wiranto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Dengan ini Saya buka BNI Investor Daily Summit Tahun 2023,” ujar Jokowi sebelum memukul Gong pembukaan secara seremoni dalam Opening Ceremony BNI Investor Daily Summit 2023.

Ia menyebutkan bahwa kondisi dunia saat ini semakin tidak jelas. Tantangan yang dihadapi Indonesia juga tidak semakin berkurang namun justru bertambah. Perubahan iklim yang sebelumnya masih absurd tetapi sekarang sudah nyata.

“Kekeringan super El-Nino betul-betul kita rasakan dan produksi beras turun hampir di semua Negara, 22 Negara mengerem, stop ekspor berasnya lagi. Ini kondisi-kondisi yang dulunya belum,” sambung Jokowi.

Di sisi lain, pelemahan ekonomi global yang banyak ditunggu berbagai pihak agar pertumbuhan ekonomi negara adidaya naik, nyatanya belum juga terealisasi. Kebijakan kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) yang tinggi dalam waktu lama juga dinilai ikut merumitkan Negara-Negara berkembang.

Capital outflow balik ke AS. Semakin merumitkan kita semua,” imbuhnya.

Selain itu, ada pula perang yang kembali mencuat antara Hamas dan Israel padahal perang Rusia-Ukraina belum mereda. Jokowi menyebut, hal ini semakin mengkhawatirkan semua negara. Sebab, bila perang meluas dari Israel dan Palestina ke ke Lebanon, Suriah, atau Iran dikhawatirkan semakin merumitkan masalah ekonomi semua negara karena bisa menyebabkan harga minyak naik.

Dia menyebutkan, harga minyak mentah (crude) BRENT terbaru, masih di kisaran US$ 89 per barel. Namun bila perang meluas, harga minyak mentah dikhawatirkan bisa mencapai US$ 150 per barel.

“Inilah yang harus kita waspadai. Hati-hati semuanya, baik sisi moneter maupun sisi fiskal,” ujarnya.

Namun Jokowi memastikan Indonesia sudah memiliki arah kerja yang jelas untuk diselesaikan. Rencana dimaksud, meliputi hilirisasi, peta jalan untuk sektor mineral dan batu bara (minerba). Apa rencana regulasi setelah ekspor nikel dihentikan, yang akan dilanjutkan pada komoditas lain, seperti tembaga, bauksit, dan timah. Kebijakan ini nantinya juga diperluas lagi nanti untuk hilirisasi bidang perkebunan, pertanian, kelautan, dan lainnya.

“Peta jalan itu sudah jelas. Tinggal kita itu biasanya dari kunci keberlanjutan itu bukan di kebijakan atau rencana makronya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana mengawal implementasi. Kerja detail, dicek yang detail. Kerja lapangan diawasi dan dicek di lapangan artinya kerja mikro itu sangat penting sekali,” tegas Jokowi.

Surat kabar Harian Investor Daily bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggelar konferensi dan pameran investasi terbesar di Indonesia bertajuk BNI Investor Daily Summit 2023. Acara ini digelar pada 24-25 Oktober 2023 di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta.

BNI Investor Daily Summit 2023 yang mengusung tema Sustainable Growth, Global Challenges ini akan membahas 16 topik dalam Plenary dan Special Sessions. Konferensi dua hari ini akan mengupas bagaimana kekuatan ekonomi Indonesia dan perannya di kancah global yang tengah menghadapi tantangan baik konflik geopolitik maupun krisis iklim. Pembahasan dibagi dalam tiga pilar, yakni resilience (ketangguhan), opportunity (peluang), dan transition (transisi). (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02