BERSATU KITA KUAT

Ngobrol Pintar Ketenagakerjaan, Wamenaker RI Ingatkan Pentingnya Hubungan Industrial

Komentar 0
foto; Wamenaker RI, Afriansyah Noor
foto; Wamenaker RI, Afriansyah Noor

TANJUNG REDEP, Satunurani.com Rabu, (29/05/2024). Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker RI), Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja dalam rangka melihat potensi industrial di Kabupaten Berau, pada hari Selasa, (28/05/2024).

Dalam Sambutannya pada kegiatan Ngobrol Pintar (Ngopi) Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor mengatakan, Kabupaten Berau merupakan daerah yang memiliki potensi industri yang sangat besar, baik dari sektor perkebunan hingga pertambangan.

Kabupaten Berau memiliki banyak perusahaan pertambangan dan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dapat menyongsong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Berau.

“Untuk itu, saya tidak pernah lelah untuk menginformasikan betapa pentingnya hubungan industrial antara pemerintah, pekerja, pengusaha dan industri,” ungkap Afriansyah Noor.

Didalam perusahaan tentu ada pekerja yang bekerja. Didalamnya juga terdapat para serikat kerja atau buruh yang dapat menjadi penengah jika adanya perselisihan terjadi.

Untuk itu, dirinya menjelaskan sudah jadi rahasia umum jika antara pekerja dengan perusahaan atau industri terjadi perselisihan. Sehingga dirinya menghimbau agar perselisihan tersebut diselesaikan secara musyawarah mufakat.

“Kami menghimbau jika terjadi perselisihan antara pihak perusahaan dan pekerja untuk melakukan musyawarah terlebih dahulu tanpa mengajukan gugatan ke pengadilan,” ujarnya.

Afriansyah Noor juga mengingatkan kepada pelaku industri dan para pekerja bagaimana menciptakan hubungan industrial yang baik sehingga menciptakan suasana kerja yang sejuk dilingkungan kerja masing-masing.

“Hubungan industrial juga berguna jika seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi,” tuturnya.

Dirinya berharap nilai solusi yang diinginkan dalam kegiatan ini yang melibatkan dunia industri sesuai dengan kewenangan pemerintah untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang akan tercapai dan terlaksana dengan baik. Termasuk Kabupaten Berau menjadi salah satu kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Semoga hubungan industrial di Kabupaten Berau tetap harmonis, dinamis dan kondusif,” tandasnya. (SN01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02